Literatur Review Edukasi Gizi Seimbang Dengan Menggunakan Media Kreatif pada Anak

Rike Veramida Putri, Muliatul Jannah, Arum Meiranny

Abstract

ABSTRACT


Latar Belakang:Permasalahan gizi semakin meningkat di negara berkembang, pada anak penyebab utamanya adalah gizi kurang dan lebih, sehingga menyebabkan permasalahan ganda pada negara berkembang. Tujuan tinjauan pustaka ini bertujuan untuk memperoleh tingkat keefektifan media kreatif untuk edukasi penting nya gizi seimbang kepada anak.Metode: pada tinjauan ini menggunakan metode literature review dengan menggunakan beberapa sumber dari jurnal nasional dan internasional Google Scholar, PubMed, Sematic Scholar dengan kriteria yang telah di tetapkan dengan sumber data terupdate dari publikasi 10  tahun terakir. Hasil: berdasarkan hasil 8 artikel literature  review nasional dan internasional dapat di simpulakan bahwa penyuluan gizi menggunakan beberapa media kreatif  seperti, buku cerita bergambar, media komik, poster, dan puzzle sangat efektif  untuk diberikan kepada anak sebagai media edukasi untuk menambah pengetauan pendidikan, dan merubah sikap anak teradap pentingnya menjaga pola nutrisi keseimbangan gizi pada tubuh. Kesimpulan: Setelah dilakukan pengumpulan dari 8 artikel nasional hasil bahwa pendekatan edukasi gizi melalui berbagai media kreatif seperti buku cerita bergambar, komik, puzzle, poster, dan kartu gizi tersebut dinyatakan sangat efektif untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang gizi seimbang. Seingga media tersebut dapat digunakan sebagai alat yang efektif dalam penyuluhan gizi dan pendidikan gizi di lingkungan sekolah


Kata Kunci: Gizi Seimbang, Media Kreatid, Anak SD


 


Abstract


Background:The prevalence of nutrition problems is increasing in developing countries, particularly among children. This nutritional issue arises due to both undernutrition and overnutrition, leading to a double challenge in developing countries.Method:The review method involves various sources, including national and international journals such as Google Scholar, PubMed, and Sematic Scholar, with the latest data sources from the last ten years


Result:Based on the results of eight national and international literature review articles, it can be concluded that nutrition education using several creative media such as picture story books, comic media, posters, and puzzles is highly effective in educating children and changing their attitudes towards the importance of maintaining nutritional balance in the body. Conclusion :creative media can be a valuable educational tool for increasing.


Keyword:Balanced Nutrition, Creative Media, Elementary School Children

Authors

Rike Veramida Putri
rikeveramida@gmail.com (Primary Contact)
Muliatul Jannah
Arum Meiranny
Rike Veramida Putri, Muliatul Jannah, & Arum Meiranny. (2025). Literatur Review Edukasi Gizi Seimbang Dengan Menggunakan Media Kreatif pada Anak. Journal of Midwifery and Health Science of Sultan Agung, 4(2). Retrieved from https://mail.jmhsa.id/index.php/jmhsa/article/view/72

Article Details