HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK THE RELATIONSHIP OF EXCLUSIVE BREASTFEEDING TO COGNITIVE DEVELOPMENT IN CHILDREN
Abstract
Kebutuhan dasar bayi berusia 0 – 6 bulan adalah ASI. Air Susu Ibu (ASI) eksklusif sangat mempengaruhi perkembangan dan fungsi kognitif diusia selanjutnya karena bayi menerima nutrisi lengkap serta stimulasi sensori yang komprehensif. Kandungan DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (Eicosapentaenoic acid) dalam ASI dapat menunjang perkembangan otak. Kognitif merupakan proses berpikir yakni seorang individu memiliki kemampuan menilai, mempertimbangkan, dan menghubungkan suatu peristiwa. Dalam hal ini, kognitif berhubungan dengan tingkat kecerdasan seseorang serta fokus pada ide-ide berpikir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pemberian ASI eksklusif terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-6 tahun di TK Bopkri Gondolayu Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode analitik observasional dengan desain potong lintang yang dilakukan pada 41 anak berusia 4-6 tahun dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuesioner yang berisi pertanyaan mengenai riwayat ASI eksklusif, pertanyaan seputar perkembangan kognitif anak serta pengukuran BB dan TB anak. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat yang selanjutnya menggunakan uji Fisher’s Exact Test dengan bantuan software SPSS versi 22. Hasil penelitian berdasarkan uji Fisher’s Exact Test menunjukkan tidak adanya hubungan bermakna antara pemberian ASI eksklusif terhadap perkembangan kognitif anak dengan nilai p-value > 0,05. Hasil uji statistik pada variabel lain diantaranya yaitu jenis kelamin, penyakit kronis, status gizi dan lingkungan terhadap perkembangan kognitif anak menunjukkan hasil tidak signifikan (p-value > 0,05). Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan tidak terdapat hubungan bermakna antara pemberian ASI eksklusif terhadap perkembangan kognitif pada anak usia 4-6 tahun.
References
Agustina, Resty & Marlina, Leny & Fahmi, Fahmi. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Interpersonal Anak. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 2. 31. doi : 10.33474/thufuli.v2i1.6314.
Anggraeni, Titik. (2016). Hubungan Pemberian ASI Eksklusif dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 7-24 Bulan di desa Jembungan. Indonesia Journal on Medical Science. 3(2). ISSN 2622-3872.
Azizah, N., & rahmawati, D. (2018). Perkembangan Anak Usia 3–4 Tahun Berdasarkan Peran Orangtua Di Paud Juwita Harapan Sidoarjo. Journal Of Issues In Midwifery 1(3), 30-40. doi: https://doi.org/10.37287/jppp.v5i1.1326.
Badan Pusat Statistik. (n.d.). Retrieved 03 27, 2021, from Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id/indicator/30/1340/1/persentase-bayi-usia-kurang-dari-6-bulan-yang-mendapatkan-asi-eksklusif-menurut-provinsi.html.
Cahyono, A., Ulfah, M. and Handayani, R. N. (2020) ‘Pengaruh Peran Petugas Kesehatan dan Bapak Peduli Asi Eksklusif (Baper Asiek) Terhadap Perilaku Ibu dalam Pemberian Asi Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Rembang Kabupaten Purbalingga’, Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah, 16(1), pp. 67–86. doi: 10.31101/jkk.1487.
Fikawati, S., Syafiq, A., K. K. (2015). Gizi Ibu dan Bayi. Jakarta.
Fitri, D.I., Chundrayetty, E., Semiarty, R. (2014). Hubungan Pemberian ASI dengan tumbuh kembang Bayi umur 6 bulan di Puskesmas Nanggalo. J Kesehatan Andalas. 3 (2) 136-140.
Gao, Chang & Miller, Jacqueline & Middleton, Philippa & Huang, Yichao & Mcphee, Andrew & Gibson, Robert. (2019). Changes to breast milk fatty acid composition during storage, handling and processing: A systematic review. Prostaglandins, Leukotrienes and Essential Fatty Acids. 146. 10.1016/j.plefa.2019.04.008.
Hasanah, Uswatun. (2019). Pengembangan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Penerapan Media Kartu Bergambar Di RA Insan Madani Punggur Lampung Tengah, SELING: Jurnal Program Studi PGRA 5, no. 1 Januari 2019 : 92–102.
Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). (2013). Nilai Nutrisi Air Susu Ibu, diakses 16 Mei 2023 http://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/nilai-nutrisi-air-susu-ibu.
Kemenkes RI. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Kementerian Kesehatan RI.
Kemenkes RI. (2018). Manfaat ASI Ekslusif untuk Ibu dan Bayi. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI.
Lee, H., Park, H., Ha, E., Hong, Y. C., Ha, M., Park, H., Kim, B. N., Lee, B., Lee, S. J., Lee, K. Y., Kim, J. H., Jeong, K. S., & Kim, Y. (2016). Effect of breastfeeding duration on cognitive development in infants: 3-year follow-up study. Journal of Korean Medical Science, 31(4), 579–584. https://doi.org/10.3346/jkms.2016.31.4.579.
Maria, M., Apolonia Antonilda Ina., W. (2020). Hubungan Pemberian ASI Eksklusif Dan Tidak ASI Eksklusif Dengan Perkembangan Motorik Halus Pada Bayi Usia 6 Bulan. Journal of Nursing and Public Health (JNPH), 8(1), 58–63. doi: https://doi.org/10.37676/jnph.v8i1.1014.
Newton, E. R., & Stuebe, A. M. (2022). 25 - Lactation and Breastfeeding. In Obstetrics: Normal and Problem Pregnancies (Eighth Edition, Vol. 01, Issue 1). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-323-60870-1.00025-3.
Nurhaliza, D., Zaini, A., & Dianto, M. (2021). Profil perkembangan kognitif peserta didik di kelas vii Mts.Subulussalam sayur maincat Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. MUDABBIR (Journal Research and Education Studies), 1(1), 71–80. ISSN 2774-8391. https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/mudabbir%0APROFIL.
Piaget, J.(1983). Piaget Theory of Cognitive Development.In P. Mussen (ed). Handbook of Child Psychology.4th edition. Vol.1. New York: Wiley.
Pohan, R, A., (2020). Hubungan pengetahuan ibu menyusui tentang asi eksklusif dengan pemberian asi eksklusif di desa sei serindan kota tanjungbalai tahun 2019. Jurnal ilmiah maksitek [Online], 5(1), pp. 25-31. ISSN. 2655-4399. https://makarioz.sciencemakarioz.org/index.php/JIM/article/view/117 [Diakses pada tanggal 24 Oktober 2022].
Purwanti, Rachma. (2017). Asupan Zat Gizi Dan Perkembangan Kognitif Balita di Wilayah Puskesmas Bugangan Kota Semarang. Darussalam Nutrition Journal. 1. 1. doi : 10.21111/dnj.v1i2.1340.
Soetjiningsih, Ranuh Gde. (2013). Tumbuh Kembang Anak Edisi 2. Jakarta : EGC.
Suffian, S. H., Rumianti, F., & Sumbayak, E. (2016). Pengaruh Air Susu Ibu Eksklusif terhadap Perkembangan Kognitif dan Perilaku Anak Usia 6-24 Bulan di Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan pada Tahun 2016. Jurnal Kedokteran Mediktek Universitas Kristen Krida Wacana, 23(64), Retrieved from http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/Meditek/article /view/1571.
Tang, Lee F & Arshat, Zarinah & Rumaya, Juhari. (2020). Sex Differences In Intellectual Ability Among Preschool Children In Putrajaya. International Journal of Education, Psychology and Counseling. 5. 40-59. doi : 10.35631/IJEPC.534004.
Widakdo, Giri & Besral, Besral. (2013). Efek Penyakit Kronis terhadap Gangguan Mental Emosional. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. 7. 309. 10.21109/kesmas.v7i7.29. doi :10.21109/kesmas.v7i7.29.
Yimer, D. S., Adem, O. S., Arefayene, M., Chanie, T., & Endalifer, M. L. (2021). Exclusive breastfeeding practice and its associated factors among children aged 6-23 months in Woldia Town, Northwest Ethiopia. African Health Sciences, 21(4), 1877–1886. https://doi.org/10.4314/ahs.v21i4.46.
Authors

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.